MATERI KERAJINAN KELAS 7 SEMESTER GASAL


Kerajinan Serat Alam Lengkap 


Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam suku maupun budaya. 
Tidak hanya itu, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Dari banyaknya suku dan budaya, ditambah dengan sumber daya alamnya. Mereka lestarikan dan mereka manfaatkan sumber daya alam Indonesia salah satunya yaitu sebagai bahan dari kerajinan.
Dari setiap suku memiliki budaya yang berbeda-beda, dan cara mereka memanfaatkan sumber daya alamnya juga berbeda-beda. Namun hal yang sering kita jumpai dari hasil karya suku di Indonesia adalah kerajinan. Salah satu kerajinan yang akan dibahas saat ini yaitu, kerajinan serat alam. Seperti apakah kerajinan serat alam itu? mari kita simak di bawah ini.


Pengertian Kerajinan Serat Alam


Kerajinan adalah suatu karya manusia, yang dikerjakan secara keterampilan manusia tanpa menggunakan mesin. Sedangkan serat alam adalah, bahan untuk kerajinan yang yang terbuat dari serat alam. Serat alam bisa berupa dari serat tumbuhan maupun serat hewan.
Bahan dari serat alam,bisa berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Serat adalah bahan baku yang digunakan untuk pembuatan benang dan kain. Serat biasanya digunakan sebagai bahan baku tekstil. Serat yang dijadikan sebagai bahan baku tekstil, adalah serat-serat yang digunakan untuk aplikasi tekstil.
Menggunakan serat alam sebagai bahan kerajinan, haruslah dengan harti-hati dan teliti. Karena setiap jenis serat memiliki kareteristik yang berbeda. Seperti kelenturan, keawetan dan kekuatan. Serat tertentu mungkin hanya cocok digunakan sebagai bahan kerajinan tertentu dan kurang baik untuk kerajinan lain. Maka dari itu kita harus lebih teliti dan hati-hati.
Kelebihan Serat Alam



Kelebihan menggunakan serat alam, sebagai bahan baku kerajinan adalah:
Banyak diminati dari kalangan remaja hingga lansia
Sumber daya alamnya yang melimpah
Bahannya ramah lingkungan
Dapat ditanam kembali karena berasal dari alam
Harganya terjangkau atau bisa didapatkan dari bahan yang dibudidayakan sendiri
Memudahkan pengrajin untuk menjadikan serat alam sebagai bahan kerajinan
Memiliki sifat mekanik
Mudah menyerap air
Memiliki temperatur kerja yang relatif rendah
Memiliki harga terjangkau namun kualitas yang tinggi dan bagus
Itulah beberapa kelebihan dari serat alam, yang bisa kita gunakan sebagai bahan baku untuk kerajinan. Kelebihan dari bahan serat alam tidak hanya bisa dinikmati oleh pengrajinnya saja, penggunanya juga bisa merasakan kelebihan dari kerajinan yang terbuat dari serat alam.
Jenis Bahan Serat


Bahan dari kerajinan serat alam yaitu berasal dari alam. Bahan serat alam digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu bahan serat yang berasal dari tumbuhan dan bahan serat yang berasal dari hewan. Dari 2 jenis bahan serat ini, bisa menghasilkan berbagai macam jenis kerajinan serat alam.
Bahan baku serat alam, bisa kita dapatkan dari daun, batang, dan tanaman tertentu yang memiliki serat dan bisa kita ambil seratnya untuk bahan kerajinan. Dari sumber daya alam, kita bisa memanfaatkan serat alamnya sebagai bahan baku kerajinan.
Contoh Jenis Bahan Serat Alam
Kerajinan serat alam, banyak kita temui di pengrajin yang mengolah bahan baku serat alam di desa. Biasanya pengrajin ini, memiliki keterampilan yang sudah turun-menurun. Bisa dikatakan keterampilan mereka sudah menjadi suatu budaya dari sukunya masing-masing.
Baca juga Serat Tumbuhan (Jenis, Manfaat & Contoh) yang Wajib Kalian Tau
Kerajinan serat alam yang dihasilkan, bisa berupa kerajinan yang berbeda-beda hasil dan bentuknya. Hal ini dikarenakan bahan bakunya yang berbeda juga. Berikut ini saya akan memberikan penjelasan beserta contoh, dari macam-macam  kerajinan serat alam yang berbahan baku dari serat tumbuhan dan serat hewan.
Bahan Serat Alam dari Tumbuhan
Serat alam yang berasal dari tumbuhan, bisa dibagi menjadi 4 yaitu:
Serat dari biji
Serat dari batang
Serat dari daun
Serat dari buah

Serat dari Biji

Serat biji tumbuhan, bisa digunakan untuk bahan baku dari kerajinan serat alam. 
Serat dari biji yang bisa digunakan dan diambil seratnya sebagai bahan baku kerajinan, yaitu serat dari biji pohon kapas dan pohon kapuk. Serat dari biji ini, bisa menghasilkan kerajinan seperti:

Benang katun kapas
Bahan isi untuk kasur
Bahan isi untuk boneka

Kelebihan dari serat biji pohon kapas dan pohon kapuk adalah:
Bahan memiliki tingkat keawetan yang cukup lama
Harga bahan terjangkau
Memiliki rasa kehangatan dan empuk bila digunakan sebagai bahan kerajinan
Untuk menggunakan bahan ini, kita harus berhati-hati. Karena serat dari biji pohon kapas, memiliki tekstur yang lembut dan mudah rapuh. Maka dari itu kita harus lebih bersabar dan teliti dalam membuat kerajinan dari bahan baku serat biji ini.

Serat dari Batang


Serat dari batang, bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Tentu bukan hal yang mudah. Karena batang memiliki tekstur yang lebih keras dari serat lainnya. Namun sangat terjamin sekali tingkat keawetan, dari serat batang ini.
Serat batang apa saja yang bisa kita gunakan sebagai bahan kerajinan?. Serat batang yang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan yaitu:
Batang pohon Anggrek
Batang pohon Mahkota dewa
Batang pohon beringin
Batang pohon rosella
Batang pohon yonkori
Itulah beberapa nama batang, yang bisa kita gunakan sebagai bahan baku kerajinan. Inilah beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari serat alam batang seperti:

createndberrel.com
Sandal Japit
Tempat baju
Tas wanita
Menggunakan bahan serat batang lebih mudah, karena bahannya bertekstur keras dan kuat. Barang yang dipakai juga memiliki tingkat keawetan yang lama.

Serat dari Daun

budidayananas.com
Serat dari daun bisa kita gunakan sebagai bahan baku kerajinan. Serat dari daun akan lebih membuat kita semakin teliti lagi. Karena serat dari daun memiliki proses yang sedikit agak lama, sebelum dijadikan sebagai bahan yang sudah siap untuk kerajinan.
Contoh kerajinan yang terbuat dari bahan serat daun:

etalaseilmu.com

Kita bisa menggunakan serat daun dari daun:
Daun Nanas
Daun Pandan
Daun enceng gondok
Daun Abaka
Daun Mendong
Itulah beberapa nama daun, yang bisa kita ambil seratnya untuk dijadikan bahan baku kerajinan. Serat daun memiliki tekstur yang lentur dan tingkat keawetannya tergantung dengan pemaikainya. Karena bahan dari serat daun mudah rapuh bila tidak hati-hati.
Serat dari Buah

rumahmesin.com
Serat dari buah yang dimaksud yaitu, serat dari buah kelapa. Kelapa memiliki serabut, yang bisa digunakan seratnya untuk bahan baku kerajinan. Serat ini memiliki tekstur yang lentur dan kuat. Serat dari satu kelapa, bisa kita hasilkan dalam jumlah yang lumayan banyak.
Beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari serat kelapa yaitu:

karyaseni.com
Sapu rumah
keset
Miniatur motor
Gantungan kunci
Tempat tisu
Kerajinan dari bahan ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena berasal dari bahan alam, kerajinan ini juga ramah lingkungan. Kerajinan dari bahan ini, masih bisa kita dapatkan hingga saat ini, karena masih banyak orang yang melestarikan kerajinan dari serat kelapa.
Bahan Serat Alam dari Hewan

bahankain.com
Serat yang bisa kita ambil dari hewan yaitu adalah di bagian bulunya. Serat dari hewan memiliki tekstur yang lembut dan halus. Bulu hewan yang sering digunakan sebagai bahan baku kerajinan yaitu, stapel dan filamen. Berikut pengertian stapel dan filamen.
Baca juga Serat Kapas (Sifat, Manfaat & Sejarah Pertumbuhan Serat Kapas)
1. Serat dari Stapel
Stapel merupakan serat yang berbentuk bulu hewan, yang biasa disebut dengan wol. Stapel memiliki tekstur yang halus dan lembut. Jika menggunakan bahan stapel sebagai bahan kerajinan, maka kita akan merasakan sensasi yang lembut dan hangat di tubuh kita.
Bahan stapel yang bisa digunakan yaitu seperti:
Bulu domba
Bulu Alpaca
Bulu Unta
Bulu Mohair
Bulu Kelinci
Contoh kerajinan dari serat hewan adalah:

hanalutfianigmal.com


Benang wol
Jaket
Handuk
Selimut
Topi
2. Serat dari Filamen
Filamen adalah serat yang berbentuk jaringan. Bahan serat ini bisa kita dapatkan dari, serat larva ulat sutera yang biasanya menghasilkan serat yang berbentuk kepompong. Dari serat inilah kita bisa menggunakannya sebagai bahan kerajinan.
Contoh kerajinan dari serat ulat sutera yaitu:

fintline.com
Benang Sutera
Kain Sutera
sprai tempat tidur




Produk dan Proses Kerajinan Bahan Serat
Terdapat syarat-syarat mengenai produk kerajinan bahan serat, sebagai berikut:
1. Kegunaan (Utility), Benda kerajinan harus bisa digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.
2. Kenyamanan (Comfortable), Benda kerajinan harus bisa memberikan kesenangan dan kenyamanan pada pemakainya.
3. Keluwesan (Flexibility), Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya.
4. Keamanan (Flexibility), Benda kerajinan harus aman dan tidak boleh membahayakan pemakainya.
5. Keindahan (Aestetic), Benda kerajina harus memiliki daya tarik yang tinggi.
Kemasan Produk Kerajinan Bahan Serat
Kemasan adalah penyajian sebuah produk kerajinan. Dilihat dari fungsinya, kemasan memiliki empat fungsi utama yaitu:
1. Menjual produk
2. Melindungi produk
3. Memudahkan penggunaan produk
4. Memperindah penampilan produk.


Sumber: https://ngertiaja.com/kerajinan-dari-serat-alam/