REPRODUKSI pada GYMNOSPERMAE

 

2. Perkembangbiakan pada tumbuhan Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka).

Gymnospermae merupakan tumbuhan biji terbuka karena bijinya tidak dilindungi oleh kuat buah, misalnya: melinjo, pinus, pakis haji. Tumbuhan Gymnospermae memiliki alat perkembangbiakan berupa badan kerucut yang disebut strobilus. Pada strobilus jantan terdapat sporofil yang menghasilkan serbuk sari, sedangkan strobilus betina terdapat induk megaspora yang menghasilkan sel telur.

Pada Gymnospermae menghasilkan dua spora yakni mikrospora dan megaspora. Mikrospora berkembang menjadi mikrogamet (gamet jantan) dan berisi serbuk sari, sedangkan megaspora berkembang menjadi megagametofit (gamet betina). Pada bakal biji (megaspora) terdapat struktur liang biji (mikrofil) dan kantong serbuk sari yang berfungsi sebagai organ reproduksi betina. Butir serbuk sari berkembang menjadi sperma. Serbuk sari (berkembang menjadi sperma) yang melekat pada liang bakal biji. Sperma yang menuju ke sel telur bergerak melalui buluh serbuk sari hingga memanjang ke ruang arkegonium di bagian dalam. Di dalam ruang arckegonium terdapat beberapa ruang yang didalamnya terdapat sel telur sehingga sesampainya sel-sel spermatozoid di ruang tersebut membuahi satu sel telur yang akan membentuk zygot. Dengan demikian pada gymnospermae mengalami pembuahan tunggal.

Siklus hidup tumbuhan biji terbuka

Pada tumbuhan paku berkembangbiak dengan menggunakan spora yang terdapat dalam sorus, yang mana jika sorus pecah maka spora akan pecah. Perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tanaman paku secara bergantian melalui metagenesis. Generasi vegetatif (sporofit) lebih dominan daripada generasi generatif (gametofit). Selain metagenesis menggunakan spora tumbuhan paku dapat berkembangbiak secara vegetatif dengan menggunakan rhizoma yang ada di dalam tanah.

 

  4.  Perkembangbiakan pada tumbuhan lumut (Bryophya)

     Tumbuhan lumut berkembangbiak dengan bergantian antara fase generatif dan vegetatif (metagenesis) menggunakan spora. Selain itu juga berkembangbiak secara vegetatif dengan menggunakan kuncup (gemae) dan fragmentasi (pemutusan organ tumbuhan)

 

      ****Perhatikan metagenesis tumbuhan lumut dan paku berikut!***


5.   Teknologi reproduksi pada tumbuhan