Hari Inovasi Indonesia ( HII) bisa jadi terdengar cukup asing bagi anak- anak sekolah.HII itu pertama kali diinisiasi oleh Handi Irawan D.( chairman dari Tera Foundation) Rekor Bisnis ( ReBi).Hari Inovasi Indonesia diperingati setiap tanggal 1 November.

Inovasi yaitu kemampuan mengambil  sebuah hal lama yang sudah ada sebelumnya,kemudian dikemas dengan sebuah bentuk baru dan membuatnya terlihat mengagumkan.

Latar Belakang HII

Semangat mendorong para pelaku bisnis dalam berinovasi yang meliputi mindset,motivasi,sudut pandang,hingga gagasan demi mencapai kesuksesan.

Visi Misi HII

Visi HII yaitu menciptakan budaya inovatif untuk terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Misi HII yaitu mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai satu- satunya cara untuk meraih kesuksesan.Mendorong agar individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide- ide yang inovatif,memiliki komitmen mengubah gagasan gagasan/ ide inovatif menjadi produk dan layanan yang inovatif.



 Mengapa perlu inovasi?

Inovasi akan membuat Anda menjadi orang yang terdepan atau paling  awal menerapkan trend baru yang muncul  ( trendsetter).Hal seperti itu biasanya yang membuat seseorang meraih sukses.Inovasi juga bisa membedakan antara trendsetter dengan fololwer.

Hari Inovasi diperingati oleh individu dan pemilik merk.Tujuannya terciptanya budaya inovatif,produk inovatif,dan layanan inovatif.

 Inovasi merupakan sesuatu yang bisa dikerjakan sehingga berguna dan menghasilkan.Dapat juga disebut sebagai penciptaan,penemuan,pengembangan yang selama ini sulit untuk ditemukan.


Mengapa inovasi begitu penting?


Inovasi memang sangat penting.Perusahaan misalnya,bila tidak inovatif ibaratnya tinggal menunggu kematian.Hal itu dikarenakan kemajuan teknologi dan perubahan.

Pelanggan menjadi penuntun perusahaan untuk melakukan perubahan.Ini juga membuat perusahaan mampu menciptakan produk dan layanan baru yang inovatif guna memenuhi keinginan pelanggan.

Budaya inovatif perlu ditumbuhkan oleh para leader.Perlunya mendorong individu untuk memproduksi gagasan dan ide inovatif.

HII didedikasikan untuk mengingatkan individu,pebinis, agar menciptakan inovasi/ budaya inovatif.

Selanjutnya untuk mendorong cara pandang atau pola pikir   melihat inovasi sebagai cara meraih sukses.

Bagaimana dengan individu yang masih bersekolah? Tentu saja indivudu- individu  dapat mengaplikasikan  inovasi itu dalam hudup sehari- hari.Bukankah kalian sudah menerima berbagai mata pelajaran? Nah,ada banyak pilihan bukan? Pilihlah yang kalian suka lalu carilah terobosannya.Selamat berinovasi.Selamat Hari Inovasi Indonesia tahun 2022.