*KELUARGA AWAL KEHIDUPAN (02)*
_A. MATERI._
I. Pengertian.
- Manusia merupakan pelaku sejarah yang beraktivitas pada masa lampau.
- Ada 2 unsur yang mempengaruhinya:
1. _Unsur Waktu_, yaitu periode berlangsungnya perjalanan kisah manusia tersebut, dan
2. _Unsur Ruang_, yaitu tempat di bumi baik di darat atau di perairan maupun yang berada di dalam bumi.
Fungsi ruang adalah untuk menjelaskan lokasi atau tempat di mana aktivitas manusia terjadi pada masa lampau.
- Dalam sejarahnya manusia membentuk keluarga.
- Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat.
Keluarga menghasilkan _silsilah_.
- Silsilah ( _Family Tree_) adalah suatu _bagan_ yang menampilkan hubungan keluarga dalam suatu struktur pohon.
- Bagan Silsilah keluarga adalah susunan nama kerabat beberapa generasi sebelumnya dan sesudah diri sendiri.
-Silsilah keluarga merupakan cermin dari _sejarah_.
- Tujuan ada silsilah adalah:
1. Silsilah merupakan hal yang penting untuk mempertahankan kelangsungan keluarga mereka.
2. Menjaga silaturahmi.
3. Menjaga keturunan dari hubungan pernikahan yang terlalu dekat.
- Fungsi Silsilah:
1. Menjaga hubungan antar kerabat dengan generasi berikutnya.
2. Deteksi dini faktor resiko penyakit pada individu atau keluarga.
3. Menentukan nasab untuk batas mahram dan hak waris.
4. Melengkapi data kependudukan terkait.
5. Memberikan gambaran tentang budaya dan kondisi generasi sebelumnya.
- Cara membuat silsilah keluarga:
1. Membuat Bagan/tabel.
2. Membuat catatan khusus.
3. Mendata informasi.
4. Mendokumentasikannya.
- Sejarah berasal dari kata _SYARARATUN_. Dalam bahasa Arab berarti pohon.
- Pohon Silsilah adalah pohon yang berisi tentang masalah asal atau keturunan seseorang.
- Sejarah merupakan rangkaian peristiwa masa lampau yang menyangkut kehidupan manusia setelah mengenal tulisan.
- Ilmu Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk manusia pada masa lampau setelah mengenal tulisan.
- Tokoh-tokoh Definisi Sejarah:
1. JV. Briche.
2. Patrick Gardiner.
3. Moh. Yamin.
4. Koentowidjojo.
5. Sartono Kartodirdjo.
- Jenis definisi sejarah ada 4, yaitu:
1. Sejarah sebagai *peristiwa* , bahwa kejadian itu pernah dan benar-benar terjadi serta dapat dibuktikan secara ilmiah.
2. Sejarah sebagai *kisah*, selain sebagai peristiwa, sejarah bisa diceritakan kembali.
3. Sejarah sebagai *ilmu*, sejarah menggunakan _metode analitis_ maka hasilnya harus dapat disetujui atau ditolak.
4. Sejarah sebagai *seni*, bahwa dalam penyajian secara hasil penyelidikan itu suatu rangkaian dapat menarik perhatian dan dapat mempengaruhi sikapnya.
- Periodisasi dan Kronologi.
- Periodisasi adalah periode pemenggalan yang akan diteliti dan didasarkan pada alasan-alasan tertentu yang rasional dan ilmiah yang erat dengan permasalahan yang harus dicari.
- Periodisasi Sejarah Indonesia:
1. Zaman Prasejarah.
2. Zaman Kuno (masa Hindu-Buddha).
3. Zaman Modern (masa Islam hingga kini).
- Kronologi merupakan urutan waktu yang tersusun sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.
- Kegunaan sejarah:
Menurut *Louis Gotschalk* ada 4:
1. Rekreatif.
2. Inspiratif.
3. Instruktif.
4. Edukatif.
Menurut *Traveyan* ada 3:
1. _Ilmiah_, yaitu pengumpulan fakta dan video bukti.
2. _Imajinatif_, yaitu menyeleksi dan mengkategorikan fakta yang telah dikumpulkan dan diambil kesimpulannya.
3. _Sastra_, yaitu penyajian hasil ilmu dan daya angan dalam bentuk yang menarik.
_B. TUGAS_:
1. Perintahkan siswa membaca buku paket selama 5 menit mulai halaman 1-5.
2. Buat tempat duduk siswa menjadi 8 kelompok
3. Setiap kelompok beranggotakan 4 siswa
4. Kerjakan Lembar Aktivitas 1 halaman 2 di buku tugas IPS.
5. Bila ada kesulitan, boleh bertanya kepada PP guru.
6. Bimbing siswa selama mengerjakan dengan berkeliling kelas memantau, menilai sikap, dan ketrampilan mereka secara diam-diam.
7. Lanjutkan mengerjakan Lembar Aktivitas 2 tentang Silsilah keluarga di buku tugasmu.
8. Buat kesimpulan bersama anak-anak.
9. Refleksikan pelajaran hari ini. Tanya perasaan mereka.
10. Akhiri pelajaran dengan berterima kasih 🙏 dan bisa ditambah untuk tugas di rumah ,, (PR)
*Selamat bekerja dan semoga sukses*