BAB IV KELAS 8 SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL 1908

 

 

 

Pembelajaran Berbasis Aktivitas

Sebuah Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

 

Mata Pelajaran

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Kelas VIII

 

 

 

 

 

Penulis:

Wahida Baide

 

Desainer Grafis dan Ilustrator:

Tim Desain Grafis

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2020

Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Dilarang mengopi sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial

tanpa izin tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



MAKNA, NILAI DAN SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL DAN PERWUJUDANNYA DALAM KEHIDUPAN.

PEMBELAJARAN 1:
Makna, Nilai dan Semangat Kebangkitan
Nasional dan Perwujudannya
dalam Kehidupan.

Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas belajar mandiri ini, kalian akan diminta untuk mendiskripsikan makna, nilai dan semangat kebangkitan nasional. Berdasarkan kegiatan belajar ini diharapkan menjadi siswa yang memiliki rasa ingin tahu, teliti, mandiri dan bertanggung jawab.

A.    Peta Kompetensi dan Aktivitas Belajar

Gambar 1. Kompetensi Pembelajaran 1

 

B.    Aktivitas Pembelajaran

Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga Alloh S.W.T. senantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam melakukan aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini coronavirus sedang mewabah. Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun, mengenakan masker kesehatan, dan tetap semangat  ya. Selamat belajar.

Anak-anakku tahukah kalian bahwa bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas, merdeka seperti kalian rasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia. Penjajahan Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia mudah dipecah dan perjuangan bersifat kedaerahan serta belum terorganisir secara modern. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakkan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia. Hari ini kalian akan mempelajari materi tentang makna, nilai dan semangat kebangkitan nasional dan perwujudannya dalam kehidupan sehari – hari.

Baiklah kita mulai pembelajaran. Ayo lakukan aktivitas berikut ini !

1.   Perhatikan gambar di bawah ini dan/atau membaca bahan bacaan pada link https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/20/112531469/tokoh-kebangkitan-nasional?page=all

Setelah kalaian membaca artikel lengkapi tabel di bawah ini !

 

 

 

Tabel 1. Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional

No

Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional

Nama Tokoh

Perannya terhadap Kebangkitan Nasional

1.

6 Fakta dr Soetomo, Dokter Setia dan Pejuang Rakyat - Surabaya Liputan6.com

 

 

2

Ki Hajar Dewantara | historia magistra

 

 

3

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

Tuliskan kesimpulan dari aktivitas belajar tersebut yang telah kalian lakukan!

2.  Selanjutnya anak-anakku akan mendalami materi tentang kebangkitan nasional. Untuk memperkuat pendapat kalian lakukan aktivitas membaca  bahan bacaan tentang “Kebangkitan Nasional” pada buku paket PPKn Kelas VIII (Kemendikbud)  halaman 75-81 dan/atau link https://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia, dan/atau  mengamati gambar dan/atau  sumber-sumber lain yang relevan.

Penjajah mengambil kekayaan Indonesia

Penderitaan bangsa Indonesia

·          https://pkn4all.blogspot.com/2017/12/kondisi-bangsa-indonesia-sebelum-tahun.html

https://ilmudasarsekolah.blogspot.com/2020/05/kondisi-bangsa-indonesia-sebelum-tahun.html

Gambar 2 : Kondisi bangsa Indonesia sebelum tahun 1908

Setelah kalian mengamati gambar, dan membaca artikel silakan mengerjakan tugas berikut ini!

a.    Coba kalian memberikan kesimpulan tentang  arti kebangkitan nasional dengan kata-katamu sendiri!

b.  Apa yang melatar belakangi lahirnya kebangkitan nasional?

c.   Apa makna  kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia?

3.         Masih semangat ya. Ayo, Selanjutnya kalian akan mendalami materi tentang nilai dan semangat kebangkitan nasional dan perwujudannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperkuat pendapat kalian lakukan aktivitas berikut ini. Bacalah bahan bacaan 83 -86  tentang “Nilai dan Semangat dan nilai Kebangkitan Nasional pada buku paket PPKn Kelas VIII ( Kemendikbud)  dan/atau link ”.https://jalandamai.net/pemuda-perdamaian-dan-kebangkitan-nasional.html

Setelah membaca artikel tersebut, dan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, silakan melengkapi tabel berikut ini!

 

Tabel 2. Perwujudan Nilai dan Semangat Kebangkitan Nasional

No

Identifikasi nilai dan semangat kebangkitan nasional

Pengertian dari nilai dan semangat yang telah diidentifikasi

Perwujudannya dalam kehidupan sehari - hari

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah kalian memahami nilai dan semangat kebangkitan nasional yang telah ditunjukkan oleh tokoh perintis kebangkitan nasional, dipersilakan menjawab pertanyaan berikut ini!

a. Sebagai seorang pelajar bagaimana caranya kalian mewujudkan nilai dan semangat kebangkitan nasional dalam kehidupan?

  1. Apakah dalam kondisi saat ini  masih diperlukan nilai dan semangat kebangkitan nasional?

  1. Bagaimana mewujudkan  nilai dan semangat kebangkitan nasional  dalam kondisi saat ini?

C.    Sumber/Media/Alat

Sumber: Buku paket, internet, surat kabar, majalah, televisi      

Media: WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meeting, Google Classroom, dan Email

D.    Bahan Bacaan

1.         Kebangkitan nasional ditandai dengan lahirnya organisasi “Boedi Oetomo”( baca Budi Utomo ) pada tanggal 20 mei 1908. Kebangkitan nasional adalah suatu pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mana mereka menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu bangsa. Kebangkitan nasional  merupakan masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan RI yang sebelumnya tidak pernah nampak selama masa pejajahan. Kebangkitan nasional Indonesia adalah periode pada pertama abad ke 20 di mana rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “ Orang Indonesia ”.

 

 

 

2.         Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional

6 Fakta dr Soetomo, Dokter Setia dan Pejuang Rakyat - Surabaya Liputan6.com

Ki Hajar Dewantara | historia magistra

Dr. soetomo

Ki. Hajar Dewantara

Dr. Cipto Mangunkusumo

Dr. Doewes dokker

 

3. Peran Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional

a.    Dr. Sutomo

Nama Dr. Sutomo sudah tidak asing di era pergerakan nasional. Tekad untuk memperjuangkan negeri yang berapi-api diimbangi dengan gerak nyatanya mampu menyalakan semangat masyarakat Indonesia. Dr. Sutomo adalah tokoh penting pergerakan nasional yang mencetuskan berdirinya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908

b.    Dr. Cipto Mangunkusumo

Dr. Cipto Mangunkusumo adalah tokoh penting kebangkitan nasional. Beliau seringkali mengutarakan pendapat, pandangan, hingga kritik terkait pemerintahan Belanda yang ada di Indonesia. Dr. Cipto Mangunkusumo pernah menempuh studi di STOVIA, kemudian menjadi pelopor organisasi politik Indische Partij.

c.    Ki Hajar Dewantara

Nama Ki Hajar Dewantara mungkin sudah sering terdengar. Sebenarnya, nama asli beliau adalah Suwardi Suryaningrat. Kiprahnya di dunia pendidikan sudah tidak diragukan. Bahkan, Ki Hajar Dewantara juga berkontribusi penting dalam mendirikan lembaga Taman Siswa. Beliau berharap masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kesempatan belajar layak. Ki Hajar Dewantara juga dikenal sebagai seorang politisi, terlebih lagi setelah ikut serta mendirikan Indische Partij.

d.    Douwes Dekker

Siapakah Douwes Dekker?. Pemilik nama asli Douwes Dekker adalah Danudirja Setiabudi. Bersama Dr. Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker juga mendirikan Indische Partij. Bahkan, mereka bertiga menyandang predikat sebagai “Tiga Serangkai”. Kontribusi Douwes Dekker tidak hanya dalam bidang politik dan sebagai aktivis saja. Beliau lah yang mencetuskan nama “Nusantara” untuk Indonesia.

  1. Latar belakang lahirnya kebangkitan nasional

Faktor internal :

·         Adanya penderitaan bangsa Indonesia sebagai akibat penjajahan.

·         Adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti kerajaan zaman  Sriwijaya dan Majapahit

·         Lahirnya kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi pemimpin pergerakan.

Faktor eksternal.

·      Timbulnya paham baru di Eropah dan Amerika yang masuk di Indonesia seperti nasionalisme, demokrasi, liberalisme dan   sosialisme.

·         Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905

 

  1. Makna Kebangkitan Nasional

Mengutip Guru Figur Sentral dalam Pendidikan (2018) karya Agus Nurjaman, kebangkitan nasional memiliki makna atau arti penting yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia. Pertama kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan. Kedua, kebangkitan nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia. Mereka mengaku bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya

  1. Nilai dan semangat Kebangkitan Nasional yaitu antara lain persatuan, kesatuan, dan  nasionalisme, rela berkorban untuk bangsa dan negara, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, dan semangat gotong – royong. Contoh Perwujudan nilai dan semangat kebangkitan nasional dalam kehiduaapan sehari – hari antara lain : Bangga sebagai bangsa Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri, membantu sesama yang membutuhkan tanpa membeda – bedakan berdasarkan SARA, (suku, Agama, Ras dan Antargolongan), ikut kerja bakti dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

 

E.    Refleksi

Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!

1.  Bubuhkanlah tanda centang (√) pada salah satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian setelah mempelajari materi ini!

2.  Apa yang sudah kalian pelajari?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

3.  Apa yang kalian kuasai dari materi ini?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.  Bagian apa yang belum kalian kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.  Apa upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6.  Sebutkan hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7.  Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 


 

F.     Cek Kemampuan

Untuk mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal berikut.

1.  Jelaskan arti kebangkitan nasional!

2.  Setelah kalian belajar tentang nilai dan semangat kebangkitan nasional di pembelajaran 1, dipersilakan membuat opini tentang bagaimana mewujudkan persatuan dan kebanggan sebagai bangsa Indonesia sebagai wujud nilai kebangkitan nasional?.

 

 

G.    Umpan Balik Guru







 


 

DAFTAR PUSTAKA

Buku Paket PPKn SMP Kelas VIII Kurikulum 2013