Pembelajaran Berbasis Aktivitas
Sebuah Alternatif Pembelajaran Jarak
Jauh (PJJ)
Mata Pelajaran
PENDIDIKAN
PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Kelas VIII
Penulis:
Wahida Baide
Desainer Grafis dan Ilustrator:
Tim Desain Grafis
Copyright © 2020
Direktorat Pendidikan Profesi
dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
Hak Cipta
Dilindungi Undang-Undang
Dilarang
mengopi sebagian atau keseluruhan isi buku ini untuk kepentingan komersial
tanpa izin
tertulis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
hlm.
Makna, nilai dan semangat kebangkitan nasional dan perwujudannya
dalam kehidupan.
PEMBELAJARAN 1:
mAKNA, nilai dan semangat kebangkitan nasional dan perwujudannya dalam
kehidupan.
B. Peta Kompetensi dan
Aktivitas Belajar
Sumpah pemuda dalam bingkai
bhinneka tunggal ika
PEMBELAJARAN 2: sumpah
pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika
B. Peta Kompetensi dan
Aktivitas Belajar
hlm.
Gambar 1. Kompetensi Pembelajaran 1
Gambar 2. Kondisi bangsa Indonesia sebelum tahun 1908
Gambar 3. Peta Kompetensi Pembelajaran 2
Gambar 4 Pemuda
dahulu dan pemuda sekarang
____________________ 21
hlm.
Tabel 1. Tokoh Kebangkitan Nasional
Tabel 2. Perwujudan
nilai dan semangat Kebangkitan Nasional
Tabel 3. Makna Sumpah pemuda___________________________________21
Tabel 4. Sikap dan
Perilaku dalam mewujudkan nilai Sumpah Pemuda_____ 25
MAKNA,
NILAI DAN SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL DAN PERWUJUDANNYA DALAM KEHIDUPAN.
PEMBELAJARAN
1:
Makna, Nilai dan Semangat Kebangkitan
Nasional dan Perwujudannya
dalam Kehidupan.
Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas belajar mandiri ini, kalian akan diminta untuk mendiskripsikan makna, nilai dan semangat kebangkitan
nasional. Berdasarkan kegiatan belajar ini
diharapkan menjadi siswa yang memiliki rasa ingin tahu, teliti, mandiri dan
bertanggung jawab.
A.
Peta Kompetensi dan Aktivitas Belajar
Gambar 1.
Kompetensi Pembelajaran 1
B.
Aktivitas
Pembelajaran
Sebelum aktivitas
belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga Alloh S.W.T. senantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam
melakukan aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala
nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini coronavirus sedang mewabah.
Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun, mengenakan masker kesehatan, dan tetap semangat ya. Selamat belajar.
Anak-anakku tahukah
kalian bahwa bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas, merdeka
seperti kalian rasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan
melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit
tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan
Indonesia. Penjajahan Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia karena bangsa
Indonesia mudah dipecah dan perjuangan bersifat kedaerahan serta belum terorganisir
secara modern. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakkan
semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia. Hari ini kalian
akan mempelajari materi tentang makna, nilai dan semangat kebangkitan nasional
dan perwujudannya dalam kehidupan sehari – hari.
Baiklah kita mulai
pembelajaran. Ayo lakukan aktivitas berikut ini !
1. Perhatikan gambar di bawah ini dan/atau membaca bahan bacaan pada link https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/20/112531469/tokoh-kebangkitan-nasional?page=all
Setelah
kalaian membaca artikel lengkapi tabel di bawah ini !
Tabel 1. Tokoh Perintis Kebangkitan
Nasional
No |
Tokoh
Perintis Kebangkitan Nasional |
Nama
Tokoh |
Perannya
terhadap Kebangkitan Nasional |
1. |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
Tuliskan
kesimpulan dari aktivitas belajar tersebut yang telah kalian lakukan!
2. Selanjutnya anak-anakku akan mendalami materi tentang kebangkitan
nasional. Untuk memperkuat pendapat kalian lakukan aktivitas membaca bahan bacaan tentang “Kebangkitan Nasional”
pada buku paket PPKn Kelas VIII (Kemendikbud)
halaman 75-81 dan/atau link https://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia, dan/atau mengamati gambar
dan/atau sumber-sumber lain yang
relevan.
Penjajah mengambil kekayaan Indonesia |
Penderitaan
bangsa Indonesia |
·
https://pkn4all.blogspot.com/2017/12/kondisi-bangsa-indonesia-sebelum-tahun.html |
https://ilmudasarsekolah.blogspot.com/2020/05/kondisi-bangsa-indonesia-sebelum-tahun.html |
Gambar 2 : Kondisi bangsa Indonesia sebelum tahun 1908
Setelah
kalian mengamati gambar, dan membaca artikel silakan mengerjakan tugas berikut
ini!
a.
Coba kalian memberikan
kesimpulan tentang arti kebangkitan
nasional dengan kata-katamu sendiri!
b. Apa yang melatar belakangi lahirnya kebangkitan nasional?
c.
Apa makna kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa
Indonesia?
3.
Masih semangat ya. Ayo,
Selanjutnya kalian akan
mendalami materi tentang nilai dan semangat kebangkitan nasional dan
perwujudannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memperkuat pendapat kalian
lakukan aktivitas berikut ini. Bacalah bahan bacaan 83 -86 tentang “Nilai dan Semangat dan nilai Kebangkitan
Nasional pada buku paket PPKn Kelas VIII ( Kemendikbud) dan/atau link ”.https://jalandamai.net/pemuda-perdamaian-dan-kebangkitan-nasional.html
Setelah membaca artikel tersebut, dan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar,
silakan melengkapi tabel berikut ini!
Tabel 2. Perwujudan Nilai dan Semangat Kebangkitan Nasional
No |
Identifikasi nilai dan semangat kebangkitan nasional |
Pengertian dari nilai dan semangat yang telah
diidentifikasi |
Perwujudannya dalam kehidupan sehari - hari |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
Setelah kalian memahami nilai
dan semangat kebangkitan nasional yang telah ditunjukkan oleh tokoh perintis
kebangkitan nasional, dipersilakan menjawab pertanyaan berikut ini!
a. Sebagai
seorang pelajar bagaimana caranya kalian mewujudkan nilai dan semangat
kebangkitan nasional dalam kehidupan?
- Apakah dalam kondisi
saat ini masih diperlukan nilai dan
semangat kebangkitan nasional?
- Bagaimana
mewujudkan nilai dan semangat
kebangkitan nasional dalam kondisi
saat ini?
C.
Sumber/Media/Alat
Sumber: Buku paket, internet, surat kabar, majalah,
televisi
Media: WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meeting, Google
Classroom, dan Email
D.
Bahan
Bacaan
1.
Kebangkitan nasional ditandai
dengan lahirnya organisasi “Boedi Oetomo”( baca Budi Utomo ) pada tanggal 20
mei 1908. Kebangkitan nasional
adalah suatu pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mana mereka menyadari
kondisi dan potensi sebagai
suatu bangsa. Kebangkitan nasional
merupakan masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan,
dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan RI yang
sebelumnya tidak pernah nampak selama masa pejajahan. Kebangkitan nasional Indonesia adalah periode pada pertama abad ke
20 di mana rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “
Orang Indonesia ”.
2.
Tokoh Perintis Kebangkitan
Nasional
|
|
|
|
Dr. soetomo |
Ki. Hajar
Dewantara |
Dr. Cipto
Mangunkusumo |
Dr. Doewes
dokker |
3. Peran Tokoh
Perintis Kebangkitan Nasional
a. Dr. Sutomo
Nama Dr.
Sutomo sudah tidak asing di era pergerakan nasional. Tekad untuk memperjuangkan
negeri yang berapi-api diimbangi dengan gerak nyatanya mampu menyalakan
semangat masyarakat Indonesia. Dr. Sutomo adalah tokoh penting pergerakan
nasional yang mencetuskan berdirinya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908
b.
Dr. Cipto Mangunkusumo
Dr. Cipto
Mangunkusumo adalah tokoh penting kebangkitan nasional. Beliau seringkali
mengutarakan pendapat, pandangan, hingga kritik terkait pemerintahan Belanda
yang ada di Indonesia. Dr. Cipto Mangunkusumo pernah menempuh studi di STOVIA,
kemudian menjadi pelopor organisasi politik Indische Partij.
c.
Ki Hajar Dewantara
Nama Ki Hajar
Dewantara mungkin sudah sering terdengar. Sebenarnya, nama asli beliau adalah
Suwardi Suryaningrat. Kiprahnya di dunia pendidikan sudah tidak diragukan.
Bahkan, Ki Hajar Dewantara juga berkontribusi penting dalam mendirikan lembaga
Taman Siswa. Beliau berharap masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kesempatan
belajar layak. Ki Hajar Dewantara juga dikenal sebagai seorang politisi,
terlebih lagi setelah ikut serta mendirikan Indische Partij.
d.
Douwes Dekker
Siapakah
Douwes Dekker?. Pemilik nama asli Douwes Dekker adalah Danudirja Setiabudi.
Bersama Dr. Cipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker juga
mendirikan Indische Partij. Bahkan, mereka bertiga menyandang predikat
sebagai “Tiga Serangkai”. Kontribusi Douwes Dekker tidak hanya dalam bidang
politik dan sebagai aktivis saja. Beliau lah yang mencetuskan nama “Nusantara”
untuk Indonesia.
- Latar belakang lahirnya kebangkitan nasional
Faktor internal :
·
Adanya penderitaan bangsa Indonesia sebagai akibat
penjajahan.
·
Adanya kenangan kejayaan masa lalu seperti kerajaan zaman Sriwijaya dan Majapahit
·
Lahirnya kaum intelektual atau terpelajar yang menjadi
pemimpin pergerakan.
Faktor eksternal.
·
Timbulnya paham baru di Eropah dan Amerika yang masuk di Indonesia
seperti nasionalisme, demokrasi, liberalisme dan sosialisme.
·
Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905
- Makna Kebangkitan Nasional
Mengutip Guru Figur Sentral dalam Pendidikan (2018) karya
Agus Nurjaman, kebangkitan nasional memiliki makna atau arti penting yang
sangat dalam bagi bangsa Indonesia. Pertama
kebangkitan nasional
merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran
sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang
sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan. Kedua, kebangkitan nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi
nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia. Mereka mengaku bertanah air,
berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan
suku, agama, ras dan budaya
- Nilai dan semangat Kebangkitan Nasional yaitu antara lain persatuan, kesatuan, dan nasionalisme, rela berkorban untuk bangsa
dan negara, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan
pribadi dan golongan, dan semangat gotong – royong. Contoh Perwujudan
nilai dan semangat kebangkitan nasional dalam kehiduaapan sehari – hari
antara lain : Bangga sebagai bangsa Indonesia dengan menggunakan produk
dalam negeri, membantu sesama yang membutuhkan tanpa membeda – bedakan
berdasarkan SARA, (suku, Agama, Ras dan Antargolongan), ikut kerja bakti
dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan
sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!
1. Bubuhkanlah
tanda centang (√) pada salah satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian
setelah mempelajari materi ini!
2. Apa
yang sudah kalian pelajari?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apa
yang kalian kuasai dari materi ini?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Bagian
apa yang belum kalian kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa
upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Sebutkan
hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan
alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Sebutkan
hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan!
Berikan alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
F.
Cek Kemampuan
Untuk mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal
berikut.
1. Jelaskan arti kebangkitan nasional!
2. Setelah kalian
belajar tentang nilai dan semangat kebangkitan nasional di pembelajaran 1,
dipersilakan membuat opini tentang bagaimana mewujudkan persatuan dan kebanggan
sebagai bangsa Indonesia sebagai wujud nilai kebangkitan nasional?.
G.
Umpan Balik Guru
Buku
Paket PPKn SMP Kelas VIII Kurikulum 2013
- https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/20/112531469/tokoh-kebangkitan-nasional?page=all
- https://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia,
- https://pkn4all.blogspot.com/2017/12/kondisi-bangsa-indonesia-sebelum-tahun.html