PEMBELAJARAN 2:
Sumpah Pemuda Dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas belajar mandiri ini, kalian akan diminta untuk mendalami materi makna, nilai dan semangat sumpah
pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Berdasarkan kegiatan belajar ini diharapkan menjadi siswa yang memiliki rasa ingin tahu , teliti , mandiri dan
bertanggung jawab.
B.
Peta Kompetensi dan Aktivitas Belajar
Gambar 3.
Peta Kompetensi Pembelajaran 2
C.
Aktivitas Pembelajaran
Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa
semoga Allah S.W.Tsenantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan
dalam melakukan aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Senantiasa selalu bersyukur
kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini
coronavirus sedang mewabah. Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin
mencuci tangan memakai sabun, mengenakan masker kesehatan, dan tetap semangat
ya. Selamat belajar.
Tahukah kalian, peristiwa yang terjadi pada tanggal 28
Oktober 1928. Tentu kalian masih ingat ya, merupakan hari bersejarah bagi
bangsa Indonesia, yaitu lahirnya Sumpah Pemuda. Para pemuda Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan
satu bahasa. Sumpah Pemuda menjadi sangat
penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena telah menjadi penegas arah
perjuangan bangsa Indonesia. Lahirnya sumpah pemuda tidak lepas dari peran
pemuda pada saat itu. Baik anak-anak hari ini, kita akan membahas tentang,
makna, nilai dan semangat Sumpah Pemuda, serta peran pemuda dahulu dan sekarang
terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Baiklah kita mulai pembelajaran. Ayo lakukan aktivitas
berikut ini !
1.
“Beri aku
1000 orang tua, niscaya akan kucabut dari semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda
niscaya akan kuguncangkan dunia. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang
pemuda bisa mengubah dunia“. Itu adalah salah satu kalimat yang pernah diucapkan
oleh Presiden RI yang sampaikan saat ini masih sering dijadikan kalimat
pemantik semangat para pemuda. Kalimat itu memberikan gambaran bahwa betapa
luar biasanya kekuatan dan peranan pemuda untuk mengguncang dan memajukan
dunia.
Silakan kalian mendefinisikan pemuda dengan bahasa sendiri!
2.
Selanjutnya kalian akan memperdalam materi tentang Sumpah Pemuda. Untuk
memperkuat pendapat kalian lakukan aktivitas berikut ini. Bacalah bahan bacaan tentang Sumpah Pemuda
pada buku paket PPKn Kelas VIII ( Kemendikbud ) pada halaman 95-104
dan/atau/mengamati video pada link https://www.youtube.com/watch?v=lMGHl7j2hd8&t=41s dan/atau artikel pada link https://tirto.id/isi-makna-sejarah-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-1928-eku2 dan/atau sumber-sumber yang relevan.
Setelah kalian dan mengamati video dan membaca artikel dan bahan bacaan lain, dipersilakan untuk
mengerjakan tugas pada tabel berikut:
Tabel 3. Makna
Sumpah Pemuda
No. |
Aspek
Informasi |
Uraian |
1 |
Kronologis
peristiwa Sumpah Pemuda |
|
2 |
Makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia |
|
3 |
Makna
Sumpah Pemuda bagi pelajar |
|
2 |
Nilai dan semangat Sumpah Pemuda |
1 2 3 4 5 |
Apakah nilai dan semangat Sumpah Pemuda
masih dibutuhkan dalam kondisi saat ini ?
Bagaimana cara mewujudkan nilai dan semangat
Sumpah Pemuda dalam kondisi saat ini ?
3.
Ayo ,
materi selanjutnya nilai dan semangat Sumpah Pemuda
Perhatikan gambar berikut!
No |
Pemuda Dahulu |
Pemuda Sekarang |
1 |
http://untric.blogspot.com/2014/10/perbedaan-pemuda-zaman-dahulu-sekarang.html |
|
2 |
http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pesan-persaudaraan-sumpah-pemuda |
|
Gambar 4 Pemuda dahulu dan pemuda sekarang
Setelah mengamati
gambar dan/atau https://www.youtube.com/watch?v=lMGHl7j2hd8&t=41s dan/atau https://tirto.id/isi-makna-sejarah-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-1928-eku2 dan mencari materi dari berbagai
referensi, kalian diminta untuk membandingkan perwujudan nilai dan semangat
Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, “pemuda dahulu“, dan “pemuda sekarang“.
a.
Bandingkan
antara pemuda dulu dan sekarang dalam mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928.
Perbedaan pemuda dahulu dan pemuda
sekarang.
Persamaan pemuda dahulu dan pemuda
sekarang.
Menurut kalian yang
manakah termasuk pemuda harapan bangsa?
4.
Ayo
kita lanjutkan pelajaran ya …
Perjuangan pemuda di masa lalu
tentulah berbeda dengan perjuangan generasi muda saman sekarang. Peran generasi
muda sekarang adalah mengisi
kemerdekaan. Pemuda seharusnya memahami simbol – simbol negara untuk memperkuat
persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, menjaga kehormatan yang
menunjukkan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sudah mengatur berbagai hal yang menyangkut
tentang simbol-simbol negara yakni tentang bendera, bahasa, dan
lambang negara, serta lagu kebangsaan. Dalam Pasal 35 disebutkan bahwa Bendera
Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih. Pasal 36 menyebutkan bahwa Bahasa Negara
ialah bahasa Indonesia. Pasal 36A menyebutkan bahwa Lambang Negara ialah Garuda
Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya Pasal 36B
menyebutkan bahwa Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya. Pasal-pasal tersebut
merupakan pengakuan sekaligus penegasan secara resmi oleh Negara tentang
penggunaan simbol-simbol tersebut sebagai jati diri bangsa dan identitas Negara
Kesatuan Republik Indonesia. Seluruh bentuk simbol kedaulatan negara dan
identitas nasional harus diatur dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain diatur di UUD NRI 1945, simbol-simbol negara juga
diatur dalam UU
No. 24 tahun 2009, yang berisi ketentuan
tentang berbagai hal yang terkait dengan penetapan dan tata cara penggunaan
bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, termasuk di
dalamnya diatur tentang ketentuan pidana bagi siapa saja yang secara sengaja
melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang terdapat di dalam UU 24/2009
tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan.
Setelah kalian memahami simbol –
simbol negara, silakan mengisi tabel di bawah ini “ Bagaimana sikap dan
perilaku kalian melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan simbol negara?.”
Tabel 4 Sikap dan Perilaku.
No |
Pernyataan |
Sikap dan perilaku dirimu |
1 |
Selalu menghormati bendera, dan bangga melihat bendera Merah Putih
berkibar |
|
2 |
Saya selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar |
|
3 |
Saya memahami isi dan makna lambang negara Indonesia. |
|
4 |
Saya hafal lagu kebangsaan dan menyanyikan setiap pagi sebelum belajar. |
|
5. Tuliskan kesimpulan dari
aktivitas belajar di atas yang telah kalian lakukan!
Ayo ,masih semangat ya ,
6.
Setelah
kalian memahami bagaimana peran para pemuda terhadap bangsa dan negara
Indonesia yang melahirkan Sumpah Pemuda Tahun 1928. Selanjutnya kalian di minta
untuk memilih salah satu pemuda/tokoh yang mewarisi nilai dan semangat Sumpah
Pemuda. Buatlah laporan sederhana tentang tokoh yang kamu pilih! Untuk
memperkuat pemahaman kalian untuk mengerjakan tugas, silakan mencari sumber
bahan melalui internet dan/atau bahan yang relevan.
Adapun hal-hal yang perlu kalian
paparkan dalam laporan sederhana tentang
tokoh / pemuda :
a.
Tuliskan
identitas tokoh /pemuda yang kalian pilih.
b.
Apa
yang menginspirasi kalian memilih tokoh/ pemuda
tersebut?
c.
Bagaimana
konstribusinya tokoh/pemuda yang kalian
pilih terhadap bangsa dan negara?
Sistematika Laporan
Kata pengantar
Daftar isi.
BAB. I PENDAHULUAN
a.
Latar
belakang
b.
Tujuan.
BAB II. Pembahasan
BAB .III Penutup
a.
Kesimpulan.
b.
Saran
D.
Sumber/Media/Alat
Sumber: Buku paket, internet, surat kabar, majalah,
televisi
Media: WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meeting, Google
Classroom, dan Email
E.
Bahan Bacaan
1.
Pengertian
Pemuda
Menurut UU Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan
memuat pengertian pemuda, yaitu warga negara Indonesia yang memasuki periode
penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 tahun 30 tahun.
Pemuda adalah mereka yang memilki keinginan kuat,
semangat tinggi, cita- cita yang digantungkan di bintang, memilki semangat yang
terus berkobar. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat meggapai
nilai – nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda merupakan generasi penerus,
generasi pengganti dan generasi pendahulu mereka.
Pemuda representasi umur, semangat, harapan, ide,
idealisme dan juga
kemampuan serta kemampuan bertindak.
2.
Makna Sumpah
Pemuda bagi bangsa Indonesia yang pertama yaitu menyatukan perjuangan bangsa
Indonesia. Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar.Kala
itu, pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga,
pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa
makna Sumpah Pemuda serta perjuangan pemuda dan pemudi kala itu, mungkin saja
Indonesia tak mencapai kesatuan untuk melawan penjajah negeri. Para pemuda
pemudi terbukti berhasil menyatukan keutuhan Indonesia.
Makna Sumpah Pemuda yang kedua adalah
memaknainya sebagai rasa cinta terhadap tanah air. Kemerdekaan Indonesia
didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang mana melibatkan pengorbanan jiwa
dan harta benda rakyat. Sumpah Pemuda menyumbang besar pada gerakan kemerdekaan
sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk
mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku.
3.
Makna sumpah pemuda bagi pelajar yaitu
memberikan penekanan pada pelajar untuk menghargai perjuangan Indonesia,
memberikan semangat untuk berjuang, memberikan contoh sikap untuk mencintai
Indonesia sekaligus bangga menjadi bagian bangsa Indonesia dan mampu
mengganakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan.
4.
Nilai dan
semangat sumpah pemuda
· Isi Kongres pemuda II merupakan manifestasi
persatuan pemuda Indonesia yang dihadiri dari 750 orang dari Sembilan berbagai
organisasi kepemudaan dan sejumlah tokoh politik. Tidak bisa dipungkiri bahwa
Kongres membawa semangat nasionalisme yang tinggi dan menjadi landasan bagi
perjuangan bagi bangsa Indonesia.
· Bagi bangsa Indonesia Sumpah Pemuda memiliki nilai
yang tinggi yakni sebagai penegas pentingnya persatuan dan kesatuan dalam upaya
mencapai kemerdekaan
· Sumpah Pemuda merupakan fakta sejarah bahwa pada
tanggal 28 Oktober 1928 pemuda Indonesia telah menyatakan satu tanah air, satu
bangsa dan satu Bahasa yakni Indonesia.
· Mengutamakan persatuan dan kepentingan bangsa
daripada kepentingan pribadi, golongan maupun kedaerahan.
5.
Perbedaan dan
persamaan nilai dan semangat pemuda dahulu, dan sekarang dalam mewujudkan nilai
dan semangat Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Perbedaan
pemuda dahulu dan sekarang
Pemuda dahulu
· Memiliki rasa nasionalisme yang begitu kuat dan
tinggi, mereka bergerak karena sebuah visi yang sama untuk membela tanah airnya
untuk menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan hidup sejajar dengan bangsa
lain.
· Memiliki rasa juang yang tinggi untuk
berkonstribusi terhadap bangsa dan negara, pemuda yang menggerakan dan menjadi
elemen penting bangsa bahkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17-Agustus
1945.
· Mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam
menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Hal ini terbukti pada kongres
pemuda I dan II, yang melahirkan Ikrar Sumpah Pemuda.
· Memilki semangat persatuan yang kuat sehingga
berhasil mempersatukan bangsa Indonesia dari berbagai organisasi suku, agama,
ras, dan agama yang berbeda dengan lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928
Pemuda Sekarang
· Pemuda yang hidup di era Digital. Perkembangan
tehnologi dan informasi yang cepat telah lahir
generasi muda dengan pola pikir serba cepat, serta mudahnya akses sosial
media telah melahirkan perkumpulan anak – anak muda lintas negara, lintas
budaya dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam, tidak
sedikit juga dari pemuda yang memanfaatkan tehnologi untuk hal negative,
misalnya pornografi, ujaran kebencian, berita hoax yang dapat mengancam
persatuan dan kesatuan bangsa.
· Perwujudan rasa cinta terhadap tanah air, sudah
mulai luntur sebagain di kalangan pemuda, ada kecenderungan lebih bangga
menggunakan produk luar negeri dari pada produk dalam negeri.
· Para pemuda ( pelajar ) rela membuang waktu untuk
hal yang tidak berharga hanya demi game yang pada akhirnya sia- sia, mereka
lebih mementingkan kepentingan pribadi bukan yang kepentingan umum.
Persamaannya
pemuda dahulu dan sekarang.
· Memilki semangat juang untuk memperbaiki nasib bangsanya, dan telah
ditunjukkan baik pada waktu untuk mencapai kemerdekaan, mempertahankan maupun
mengisi kemerdekaan.
· Memilki semangat perubahan dan pembaharuan untuk
memajukan bangsa dan negara.
· Memilki idialisme yang tinggi.
· Memilki kepekaan yang tinggi untuk mengoraksi
segala bentuk ketidakadilan.
F.
Refleksi
Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan
sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!
1.
Bubuhkanlah tanda centang (√) pada salah
satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian setelah mempelajari materi ini!
2. Apa
yang sudah kalian pelajari?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apa
yang kalian kuasai dari materi ini?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Bagian
apa yang belum kalian kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa
upaya kalian untuk menguasai yang belum Kamu kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Sebutkan
hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan
alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Sebutkan
hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan!
Berikan alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G.
Cek Kemampuan
Untuk mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal
berikut ini.
1. Setelah kalian mempelajari materi Sumpah Pemuda.Jelaskan makna Sumpah
Pemuda bagi bangsa Indonesia!
2.
Perhatikan gambar berikut ini!
No |
Gambar pemuda dahulu |
Gambar pemuda sekarang |
|
1 |
http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pesan-persaudaraan-sumpah-pemuda |
|
|
Dengan
mengamati gambar tersebut, bandingkan pemuda
dahulu dan pemuda sekarang dalam mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda!
3.
Sebagai pemuda masa kini, bagaimana
mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam
kondisi saat ini?
H.
Umpan Balik Guru