BAB V SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA (SMP KELAS VIII)

 


PEMBELAJARAN 2:
Sumpah Pemuda Dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika

A.    Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas belajar mandiri ini, kalian akan diminta untuk mendalami materi makna, nilai dan semangat sumpah pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Berdasarkan kegiatan belajar ini diharapkan menjadi siswa yang memiliki rasa ingin tahu , teliti , mandiri dan bertanggung jawab.

B.    Peta Kompetensi dan Aktivitas Belajar

Gambar 3. Peta Kompetensi Pembelajaran 2

C.    Aktivitas Pembelajaran

Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga Allah S.W.Tsenantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam melakukan aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah dilimpahkan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini coronavirus sedang mewabah. Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun, mengenakan masker kesehatan, dan tetap semangat  ya. Selamat belajar.

Tahukah kalian, peristiwa yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Tentu kalian masih ingat ya, merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu lahirnya Sumpah Pemuda. Para pemuda Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda menjadi sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena telah menjadi penegas arah perjuangan bangsa Indonesia. Lahirnya sumpah pemuda tidak lepas dari peran pemuda pada saat itu. Baik anak-anak hari ini, kita akan membahas tentang, makna, nilai dan semangat Sumpah Pemuda, serta peran pemuda dahulu dan sekarang terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Baiklah kita mulai pembelajaran. Ayo lakukan aktivitas berikut ini !

1.  Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut dari semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia“. Itu adalah salah satu kalimat yang pernah diucapkan oleh Presiden RI yang sampaikan saat ini masih sering dijadikan kalimat pemantik semangat para pemuda. Kalimat itu memberikan gambaran bahwa betapa luar biasanya kekuatan dan peranan pemuda untuk mengguncang dan memajukan dunia.

    Silakan kalian mendefinisikan pemuda dengan bahasa sendiri!

 

2.    Selanjutnya kalian akan memperdalam materi tentang Sumpah Pemuda. Untuk memperkuat pendapat kalian lakukan aktivitas berikut ini. Bacalah bahan bacaan tentang Sumpah Pemuda pada buku paket PPKn Kelas VIII ( Kemendikbud ) pada halaman 95-104 dan/atau/mengamati video pada link https://www.youtube.com/watch?v=lMGHl7j2hd8&t=41s dan/atau artikel pada link https://tirto.id/isi-makna-sejarah-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-1928-eku2 dan/atau sumber-sumber yang relevan.

Setelah kalian dan mengamati video dan membaca artikel dan bahan bacaan lain, dipersilakan untuk mengerjakan tugas pada  tabel berikut:

Tabel 3. Makna Sumpah Pemuda

No.

Aspek Informasi

Uraian

1

Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda

 

 

 

 

2

Makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar

 

 

 

 

2

Nilai dan semangat Sumpah Pemuda

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

Apakah nilai dan semangat Sumpah Pemuda masih dibutuhkan dalam kondisi saat ini ?

Text Box:

 

 

Bagaimana cara mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam kondisi saat ini ?

Text Box:

3.     Ayo , materi selanjutnya nilai dan semangat Sumpah Pemuda

Perhatikan gambar berikut!

No

Pemuda Dahulu

Pemuda Sekarang

1

http://untric.blogspot.com/2014/10/perbedaan-pemuda-zaman-dahulu-sekarang.html

https://www.hipwee.com/narasi/generasi-muda-harapan-bangsa/

2

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pesan-persaudaraan-sumpah-pemuda

 

https://cdn-radar.jawapos.com/uploads/radarjombang/news/2018/12/03/ujian-pakai-hp-dinilai-bisa-membuat-anak-semakin-kecanduan_m_106579.jpg

 

Gambar 4 Pemuda dahulu dan pemuda sekarang

Setelah mengamati gambar dan/atau https://www.youtube.com/watch?v=lMGHl7j2hd8&t=41s dan/atau https://tirto.id/isi-makna-sejarah-hari-sumpah-pemuda-28-oktober-1928-eku2 dan mencari materi dari berbagai referensi, kalian diminta untuk membandingkan perwujudan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,  “pemuda dahulu“, dan “pemuda sekarang“.

a.     Bandingkan antara pemuda dulu dan sekarang dalam mewujudkan  nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928.

Perbedaan pemuda dahulu dan pemuda sekarang.

Text Box:

Persamaan pemuda dahulu dan pemuda sekarang.

 

 

Menurut kalian yang manakah termasuk  pemuda harapan bangsa?

4.  Ayo kita lanjutkan pelajaran ya …

Perjuangan pemuda di masa lalu tentulah berbeda dengan perjuangan generasi muda saman sekarang. Peran generasi muda  sekarang adalah mengisi kemerdekaan. Pemuda seharusnya memahami simbol – simbol negara untuk memperkuat persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, menjaga kehormatan yang menunjukkan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sudah mengatur berbagai hal yang menyangkut tentang simbol-simbol negara yakni tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan. Dalam Pasal 35 disebutkan bahwa Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih. Pasal 36 menyebutkan bahwa Bahasa Negara ialah bahasa Indonesia. Pasal 36A menyebutkan bahwa Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya Pasal 36B menyebutkan bahwa Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya. Pasal-pasal tersebut merupakan pengakuan sekaligus penegasan secara resmi oleh Negara tentang penggunaan simbol-simbol tersebut sebagai jati diri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Seluruh bentuk simbol kedaulatan negara dan identitas nasional harus diatur dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain diatur di UUD NRI 1945, simbol-simbol negara juga diatur dalam UU No. 24 tahun 2009, yang berisi ketentuan tentang berbagai hal yang terkait dengan penetapan dan tata cara penggunaan bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, termasuk di dalamnya diatur tentang ketentuan pidana bagi siapa saja yang secara sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang terdapat di dalam UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan.

Setelah kalian memahami simbol – simbol negara, silakan mengisi tabel di bawah ini “ Bagaimana sikap dan perilaku kalian melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan simbol negara?.”

Tabel 4  Sikap dan Perilaku.

No

Pernyataan

Sikap dan perilaku dirimu

1

Selalu menghormati bendera, dan bangga melihat bendera Merah Putih berkibar

 

2

Saya selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar

 

3

Saya memahami isi dan makna lambang negara Indonesia.

 

4

Saya hafal lagu kebangsaan dan menyanyikan setiap pagi sebelum belajar.

 

 

5.    Tuliskan kesimpulan dari aktivitas belajar di atas yang telah kalian lakukan!

Ayo ,masih semangat ya ,

6.  Setelah kalian memahami bagaimana peran para pemuda terhadap bangsa dan negara Indonesia yang melahirkan Sumpah Pemuda Tahun 1928. Selanjutnya kalian di minta untuk memilih salah satu pemuda/tokoh yang mewarisi nilai dan semangat Sumpah Pemuda. Buatlah laporan sederhana tentang tokoh yang kamu pilih! Untuk memperkuat pemahaman kalian untuk mengerjakan tugas, silakan mencari sumber bahan melalui internet dan/atau bahan yang relevan.

Adapun hal-hal yang perlu kalian paparkan dalam laporan sederhana  tentang tokoh / pemuda :

a.    Tuliskan identitas tokoh /pemuda  yang kalian pilih.

b.    Apa yang menginspirasi kalian memilih tokoh/ pemuda  tersebut?

c.    Bagaimana konstribusinya tokoh/pemuda  yang kalian pilih terhadap bangsa dan negara?

Sistematika Laporan

Kata pengantar

Daftar isi.

BAB. I PENDAHULUAN

a.      Latar belakang

b.      Tujuan.

BAB II. Pembahasan

BAB .III Penutup

a.    Kesimpulan.

b.    Saran

D.    Sumber/Media/Alat

Sumber: Buku paket, internet, surat kabar, majalah, televisi

Media: WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meeting, Google Classroom, dan Email

E.    Bahan Bacaan

1.         Pengertian Pemuda

Menurut UU Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan memuat pengertian pemuda, yaitu warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 tahun 30 tahun.

Pemuda adalah mereka yang memilki keinginan kuat, semangat tinggi, cita- cita yang digantungkan di bintang, memilki semangat yang terus berkobar. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat meggapai nilai – nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pendahulu mereka.

Pemuda representasi umur, semangat, harapan, ide, idealisme dan juga

kemampuan serta kemampuan bertindak.

2.         Makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia yang pertama yaitu menyatukan perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar.Kala itu, pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa makna Sumpah Pemuda serta perjuangan pemuda dan pemudi kala itu, mungkin saja Indonesia tak mencapai kesatuan untuk melawan penjajah negeri. Para pemuda pemudi terbukti berhasil menyatukan keutuhan Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda yang kedua adalah memaknainya sebagai rasa cinta terhadap tanah air. Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang mana melibatkan pengorbanan jiwa dan harta benda rakyat. Sumpah Pemuda menyumbang besar pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta yang besar para pemuda kepada tanah air. Termasuk mencintai keragaman budaya, keyakinan, bahasa, dan suku.

3.         Makna sumpah pemuda bagi pelajar yaitu memberikan penekanan pada pelajar untuk menghargai perjuangan Indonesia, memberikan semangat untuk berjuang, memberikan contoh sikap untuk mencintai Indonesia sekaligus bangga menjadi bagian bangsa Indonesia dan mampu mengganakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan.

4.         Nilai dan semangat sumpah pemuda

·      Isi Kongres pemuda II merupakan manifestasi persatuan pemuda Indonesia yang dihadiri dari 750 orang dari Sembilan berbagai organisasi kepemudaan dan sejumlah tokoh politik. Tidak bisa dipungkiri bahwa Kongres membawa semangat nasionalisme yang tinggi dan menjadi landasan bagi perjuangan bagi bangsa Indonesia.

·      Bagi bangsa Indonesia Sumpah Pemuda memiliki nilai yang tinggi yakni sebagai penegas pentingnya persatuan dan kesatuan dalam upaya mencapai kemerdekaan

·      Sumpah Pemuda merupakan fakta sejarah bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 pemuda Indonesia telah menyatakan satu tanah air, satu bangsa dan satu Bahasa yakni Indonesia.

·      Mengutamakan persatuan dan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi, golongan maupun kedaerahan.

5.         Perbedaan dan persamaan nilai dan semangat pemuda dahulu, dan sekarang dalam mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Perbedaan pemuda dahulu dan sekarang

Pemuda dahulu

·      Memiliki rasa nasionalisme yang begitu kuat dan tinggi, mereka bergerak karena sebuah visi yang sama untuk membela tanah airnya untuk menjadi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan hidup sejajar dengan bangsa lain.

·      Memiliki rasa juang yang tinggi untuk berkonstribusi terhadap bangsa dan negara, pemuda yang menggerakan dan menjadi elemen penting bangsa bahkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17-Agustus 1945.

·      Mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Hal ini terbukti pada kongres pemuda I dan II, yang melahirkan Ikrar Sumpah Pemuda. 

·      Memilki semangat persatuan yang kuat sehingga berhasil mempersatukan bangsa Indonesia dari berbagai organisasi suku, agama, ras, dan agama yang berbeda dengan lahirnya Sumpah Pemuda tahun 1928

Pemuda Sekarang

·      Pemuda yang hidup di era Digital. Perkembangan tehnologi dan informasi yang cepat telah lahir  generasi muda dengan pola pikir serba cepat, serta mudahnya akses sosial media telah melahirkan perkumpulan anak – anak muda lintas negara, lintas budaya dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam, tidak sedikit juga dari pemuda yang memanfaatkan tehnologi untuk hal negative, misalnya pornografi, ujaran kebencian, berita hoax yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

·      Perwujudan rasa cinta terhadap tanah air, sudah mulai luntur sebagain di kalangan pemuda, ada kecenderungan lebih bangga menggunakan produk luar negeri dari pada produk dalam negeri.

·      Para pemuda ( pelajar ) rela membuang waktu untuk hal yang tidak berharga hanya demi game yang pada akhirnya sia- sia, mereka lebih mementingkan kepentingan pribadi bukan yang kepentingan umum.

 

 Persamaannya pemuda dahulu dan sekarang.

·      Memilki semangat juang  untuk memperbaiki nasib bangsanya, dan telah ditunjukkan baik pada waktu untuk mencapai kemerdekaan, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan.

·      Memilki semangat perubahan dan pembaharuan untuk memajukan bangsa dan negara.

·      Memilki idialisme yang tinggi.

·      Memilki kepekaan yang tinggi untuk mengoraksi segala bentuk ketidakadilan.

 

 


 

F.     Refleksi

Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!

1.    Bubuhkanlah tanda centang (√) pada salah satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian setelah mempelajari materi ini!

 

 

 

 

 


2.  Apa yang sudah kalian pelajari?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.  Apa yang kalian kuasai dari materi ini?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.  Bagian apa yang belum kalian kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


 

5.  Apa upaya kalian untuk menguasai yang belum Kamu kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6.  Sebutkan hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7.  Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


 

G.    Cek Kemampuan

Untuk mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal berikut ini.

1.  Setelah kalian mempelajari materi Sumpah Pemuda.Jelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia!

2.         Perhatikan gambar berikut ini!

No

Gambar pemuda dahulu

Gambar pemuda sekarang

1

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pesan-persaudaraan-sumpah-pemuda

https://cdn-radar.jawapos.com/uploads/radarjombang/news/2018/12/03/ujian-pakai-hp-dinilai-bisa-membuat-anak-semakin-kecanduan_m_106579.jpg

 

 

 

Dengan mengamati gambar tersebut, bandingkan pemuda dahulu dan pemuda sekarang dalam mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda!

3. Sebagai pemuda masa kini, bagaimana  mewujudkan nilai dan semangat Sumpah Pemuda dalam kondisi saat ini?

 

H.    Umpan Balik Guru