BAB VI MEMEPERKUAT KOMITMEN KEBANGSAAN ( BAHAN AJAR PJJ)

 

PEMBELAJARAN BAB VI


Semangat Dan Komitmen

Kebangsaan Pendiri Negara Dan

Perwujudan Dalam Kehidupan

A.   Tujuan Pembelajaran

Pada pembelajaran ini, kalian akan melakukan aktivitas menjelaskan bentuk-bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara, serta contoh perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi kalian, dalam menumbuhkan sikap percaya diri dan kepedulian pada lingkungan sekitar.

B.    Peta Kompetensi dan Aktivitas Belajar

Gambar 1. Kompetensi Pembelajaran 1

 

C.    Aktivitas Pembelajaran

Sebelum memulai aktivitas pembelajaran, silakan kalian berdoa terlebih dahulu. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan dalam semua aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan melakukan protokol kesehatan dan tetap semangat ya! Selamat belajar!

Anak-anakku, tahukah kalian bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak secara tiba-tiba berdiri dan merdeka menjadi sebuah negara seperti pada saat ini. Negara kita membutuhkan proses waktu yang panjang untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.

Perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah sudah dimulai pada zaman kerajaan yang masih bersifat kedaerahan sampai terwujudnya proklamasi. Hal tersebut tidak terlepas dari semangat dan komitmen para pendiri negara untuk merubah kondisi negara menjadi negara yang merdeka yang sejajar dengan negara-negara lain didunia.

Para pendiri negara merupakan contoh yang baik dari orang-orang yang memiliki semangat yang kuat dalam membuat perubahan. Perubahan dari negara yang terjajah, tertindas dan tidak memiliki hak-hak sebagai negara yang merdeka menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Salah satu contoh semangat dan komitmen adalah nasionalisme, rela berkorban, cinta tanah air dan gotong royong serta patriotisme yang sudah dilakukan. Semangat dan komitmen kebangsaan pendiri negara harus dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu rasa percaya diri sebagai bagian bangsa yang besar juga harus kalian miliki.

Baiklah kita mulai pembelajaran ini. Ayo kalian lakukan aktivitas berikut ini:

 

 

 

1. Perhatikan gambar dibawah ini!

a. Masa sebelum pergerakan nasional

Lengkapi tabel berikut:

Tabel 1. Tokoh Pahlawan Sebelum Pergerakan Nasional

Gambar tokoh

Nama tokoh

Apa yang kalian ketahui tentang tokoh tersebut

Sumber: : https://kaltim.tribunnews.com/2019/11/11/hari-ini-dalam-sejarah-lahirnya-pahlawan-nasional-asal-yogyakarta-berikut-profil-pangeran-diponegoro

 

 

 

 

 

sumber: : https://www.tribunnewswiki.com/2019/06/09/tribunnewswiki-martha-christina-tiahahu

 

 

Sumber: : https://ayobandung.com/read/2019/12/09/72544/mengenal-dewi-sartika-pahlawan-pejuang-pendidikan-kelahiran-cicalengka

 

 

Sumber: http://www.dosenpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2019/07/Thomas-Matulessy-Pattimura

 

 

Gambar 2. Tokoh Pahlawan Sebelum Pergerakan Nasional

b.     Masa Pergerakan Nasional

Tebak Tokoh

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat sesuai dengan kata kunci dan gambar. Jawaban 1, jawaban 2, dan jawaban 3 bisa saja berbeda sesuai dengan pemahaman kalian.

Tokoh

Keterangan

Siapakah aku?

·         Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852

 

Jawaban 1: .......................................

 

 

 

 

 

 

 

Siapakah aku?

·         Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852

·         Aku adalah salah satu tokoh pendiri budi utomo.

 

 

Jawaban 2: .......................................

 

 


Sumber

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/29/120000769/tokoh-pendiri-budi-utomo-pelajar-stovia?page=all

Siapakah aku?

·         Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852

·         Aku adalah salah satu tokoh pendiri budi utomo.

·         Profesiku sebagai dokter

 

Jawaban 3: .......................................

 

   Gambar 3. Tokoh Pahlawan Pada Masa Pergerakan Nasional

 

Pada jawaban ke berapakah kalian dapat menebak nama tokoh tersebut dengan tepat? ................................

Jelaskan perjuangan beliau pada masa pergerakan nasional !  

..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................................................................................................. ..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................................................................................................. ..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. 

 

 

 

c.   Masa Perjuangan Proklamasi

Jodohkan dengan menarik garis antara gambar dengan keterangan dibawah ini, sesuai jawaban yang kalian anggap paling benar !

 

 

 

 

 

 

 

Beliau seorang diplomat dan juga sebagai menteri luar negeri yang pertama di negara ini

 

 

 

 

 

 

 

Beliau berperan dalam mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Beliau seorang perdana menteri pertama di negara Indonesia

 

 

 

 

 

 

Sumber : https://blog.elevenia.co.id/tokoh-tokoh-proklamasi-dan-perannya

 Gambar 4. Tokoh-Tokoh Pahlawan Perjuangan Proklamasi

d.  Masa Mengisi Kemerdekaan

     Lengkapi tabel berikut !

                 Tabel 2. Bentuk Kegiatan pada Masa Mengisi Kemerdekaan

Gambar

Bentuk kegiatan

 

 

 

 

Gambar 3. Bentuk kegiatan dalam mengisi kemerdekaan

 

 

2.    Untuk lebih memperkuat pemahaman kalian terhadap materi ini, maka kalian dapat memilih beberapa altenatif berikut:

Media

Membaca buku PPKn kelas VIII halaman 136

Membaca bahan bacaan melalui internet dengan link : https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/4-periode-semangat-dan-komitmen-kebangsaan-5810/

Mengamati Video : https://youtu.be/1BCZW9pubrA

kalian juga boleh mencari sumber-sumber bacaan yang relevan.

 

3.    Setelah membaca buku siswa/ bahan bacaan/ mengamati video buatlah mind map sederhana tentang bentuk-bentuk semangat dan komitmen pendiri negara !

 

4.      Setelah mempelajari bentuk-bentuk semangat dan komitmen dari masa ke masa (sebelum pergerakan nasional, pergerakan nasional, perjuangan proklamasi, mengisi kemerdekaan), silahkan kalian pilih salah satu dari masa tersebut !.

Dari pilihan tersebut, maka identifikasi perjuangan mereka dengan melihat :

a)    bagaimana semangat dan komitmen kebangsaan yang mereka miliki?

b)    apakah ada perbedaan perjuangan mereka dalam mengusir penjajah?

 

5.      Langkah yang kalian lakukan setelah menjawab pertanyaan no 4, kalian harus mengisi tabel 3 untuk menjelaskan bentuk - bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara :

Tabel 3. Bentuk - bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara

No

Pendiri negara

Bentuk Semangat dan komitmen

Sejarah perjuangan

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

      

6.      Setelah memahami bentuk-bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara, amati dilingkungan sekitar kalian. Dan jelaskan contoh-contoh perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari !

 

 

7.      Setelah pembelajaran kali ini, buatlah simpulan dengan menurut bahasa kalian !

 

 

D.    Sumber/Media/Alat

Sumber:

·         Buku Paket PPKn SMP Kelas VIII. 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

·         internet, surat kabar, majalah, televisi

Media:

  • Perangkat keras (PC/Laptop/Smartphone/Tab/Headset)
  • Perangkat lunak (Aplikasi pembelajaran: Whatsapp, Zoom, Google Classroom, Media Sosial: Youtube, IG, dll)
  • Jaringan internet

E.    Bahan Bacaan

1.     Semangat mengandung arti tekad dan dorongan hati yang kuat untuk menggapai keinginan atau hasrat tertentu.

2.     Komitmen adalah sikap dan perilaku yang ditandai oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta melakukan usaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh. Seseorang yang memiliki komitmen terhadap bangsa adalah orang yang akan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

3.     Semangat kebangsaan dapat diartikan sebagai suatu dorongan untuk mempertahankan suatu bangsa dan memberikan dampak positif dalam perkembangan berbangsa dan bernegara. Semangat dan komitmen kebangsaan dapat ditumbuhkan dengan memupuk nasionalisme dan patriotisme. Sikap patriotisme bersumber dari perasaan cinta tanah air sehingga menimbulkan kerelaan berkorban demi bangsa dan negaranya

 

4.     Bentuk Semangat dan komitmen Kebangsaan yang ditunjukkan para pendiri negara pada masa :

a.    Sebelum pergerakan nasional

b.    Pergerakan nasional

c.    Perjuangan proklamasi

d.    Mengisi kemerdekaan

5.    Contoh perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari :

a.    hidup rukun dan saling menolong antarmanusia

b.    menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah mufakat

c.    saling menghomati meski berbeda SARA (Suku, Agama. RAS, dan Antar golongan


 

F.     Refleksi

Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi ini!

1.  Bubuhkanlah tanda centang (√) pada salah satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian setelah mempelajari materi ini!

2.  Apa yang sudah kalian pelajari?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.  Apa yang kalian kuasai dari materi ini?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.  Bagian apa yang belum kalian kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

5.  Apa upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6.  Sebutkan hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7.  Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 


 

G.    Cek Kemampuan

Untuk mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal berikut.

1.   

Jawaban:

Jelaskan bentuk-bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara !

 

 

 

 

 

 

 

 

2.    Adakah pengaruh semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara terhadap kehidupan sehari-hari ?

Jawaban:

 

 

 

 

 

 

 


3.   

Jawaban:

Mengapa perlu mengembangkan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan? Jelaskan alasan kalian !

 

 

 

 

 

 

4.    Bagaimana mewujudkan semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan pendiri negara pada kondisi saat ini ?

Jawaban:

 

 

 

 

 


.

H.    Umpan Balik Guru

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Buku Paket PPKn SMP Kelas VIII. 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

http://www.dosenpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2019/07/Thomas-Matulessy-Pattimura

https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/29/120000769/tokoh-pendiri-budi-utomo-pelajar-stovia?page=all

https://blog.elevenia.co.id/tokoh-tokoh-proklamasi-dan-perannya

https://soaltest.artiini.com/2016/09/peran-pelajar-dalam-mengisi-kemerdekaan.html

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/4-periode-semangat-dan-komitmen-kebangsaan-5810/

https://youtu.be/1BCZW9pubrA