PEMBELAJARAN BAB VI
Semangat Dan Komitmen
Kebangsaan
Pendiri Negara Dan
Perwujudan
Dalam Kehidupan
A.
Tujuan Pembelajaran
Pada pembelajaran ini, kalian akan melakukan aktivitas
menjelaskan bentuk-bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan
pendiri negara, serta contoh perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dalam
kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi kalian, dalam menumbuhkan sikap
percaya diri dan kepedulian pada lingkungan sekitar.
B.
Peta
Kompetensi dan Aktivitas Belajar
Gambar
1. Kompetensi
Pembelajaran 1
C.
Aktivitas
Pembelajaran
Sebelum memulai aktivitas pembelajaran, silakan kalian
berdoa terlebih dahulu. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan
keberkahan dalam semua aktivitas kalian untuk mencari ilmu. Jangan lupa untuk
selalu menjaga kesehatan dengan melakukan protokol kesehatan dan tetap semangat
ya! Selamat belajar!
Anak-anakku, tahukah kalian bahwa Negara Kesatuan Republik
Indonesia tidak secara tiba-tiba berdiri dan merdeka menjadi sebuah negara
seperti pada saat ini. Negara kita membutuhkan proses waktu yang panjang untuk
menjadi negara yang merdeka dan berdaulat.
Perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah sudah
dimulai pada zaman kerajaan yang masih bersifat kedaerahan sampai terwujudnya
proklamasi. Hal tersebut tidak terlepas dari semangat dan komitmen para pendiri
negara untuk merubah kondisi negara menjadi negara yang merdeka yang sejajar
dengan negara-negara lain didunia.
Para pendiri negara merupakan contoh yang baik dari
orang-orang yang memiliki semangat yang kuat dalam membuat perubahan. Perubahan
dari negara yang terjajah, tertindas dan tidak memiliki hak-hak sebagai negara
yang merdeka menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Salah satu contoh
semangat dan komitmen adalah nasionalisme, rela berkorban, cinta tanah air dan
gotong royong serta patriotisme yang sudah dilakukan. Semangat dan komitmen
kebangsaan pendiri negara harus dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk itu rasa percaya diri sebagai bagian bangsa yang besar juga harus kalian
miliki.
Baiklah kita mulai pembelajaran ini. Ayo kalian lakukan
aktivitas berikut ini:
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
a. Masa sebelum pergerakan nasional
Lengkapi tabel
berikut:
Tabel 1. Tokoh Pahlawan Sebelum Pergerakan Nasional
Gambar
tokoh |
Nama tokoh |
Apa yang kalian ketahui tentang tokoh
tersebut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber: http://www.dosenpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2019/07/Thomas-Matulessy-Pattimura |
|
|
Gambar 2. Tokoh
Pahlawan Sebelum Pergerakan Nasional
b.
Masa Pergerakan Nasional
Tebak Tokoh
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat sesuai dengan kata kunci dan
gambar. Jawaban 1, jawaban 2, dan jawaban 3 bisa saja berbeda sesuai dengan
pemahaman kalian.
Tokoh |
Keterangan |
|
Siapakah aku? ·
Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852 Jawaban 1:
....................................... |
|
Siapakah aku? ·
Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852 ·
Aku adalah salah satu tokoh pendiri budi utomo. Jawaban 2: ....................................... |
Sumber |
Siapakah aku? ·
Aku lahir di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 7 Januari 1852 ·
Aku adalah salah satu tokoh pendiri budi utomo. ·
Profesiku sebagai dokter Jawaban 3:
....................................... |
Gambar 3. Tokoh Pahlawan Pada Masa Pergerakan Nasional
Pada jawaban ke berapakah kalian dapat menebak nama tokoh
tersebut dengan tepat? ................................
Jelaskan
perjuangan beliau pada masa pergerakan nasional !
.............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. ..............................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. ..............................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................. ..............................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................. |
c.
Masa Perjuangan Proklamasi
Jodohkan dengan menarik garis antara gambar dengan
keterangan dibawah ini, sesuai jawaban yang kalian anggap paling benar !
|
|
Beliau seorang
diplomat dan juga sebagai menteri luar negeri yang pertama di negara ini |
|
|
Beliau berperan
dalam mengetik naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia |
|
|
Beliau seorang
perdana menteri pertama di negara Indonesia |
Sumber
: https://blog.elevenia.co.id/tokoh-tokoh-proklamasi-dan-perannya
Gambar 4. Tokoh-Tokoh Pahlawan Perjuangan Proklamasi
d. Masa Mengisi Kemerdekaan
Lengkapi
tabel berikut !
Tabel 2. Bentuk Kegiatan pada Masa
Mengisi Kemerdekaan
Gambar |
Bentuk kegiatan |
|
|
|
|
|
|
Gambar
3. Bentuk kegiatan dalam
mengisi kemerdekaan
2. Untuk
lebih memperkuat pemahaman kalian terhadap materi ini, maka kalian dapat
memilih beberapa altenatif berikut:
Media |
Membaca
buku PPKn kelas VIII halaman 136 |
Membaca
bahan bacaan melalui internet dengan link : https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/4-periode-semangat-dan-komitmen-kebangsaan-5810/ |
Mengamati
Video : https://youtu.be/1BCZW9pubrA |
kalian juga boleh mencari sumber-sumber bacaan yang
relevan.
3. Setelah
membaca buku siswa/ bahan bacaan/ mengamati video buatlah mind map sederhana
tentang bentuk-bentuk semangat dan komitmen pendiri negara !
4. Setelah
mempelajari bentuk-bentuk semangat dan komitmen dari masa ke masa (sebelum
pergerakan nasional, pergerakan nasional, perjuangan proklamasi, mengisi
kemerdekaan), silahkan kalian pilih salah satu dari masa tersebut !.
Dari pilihan tersebut, maka identifikasi perjuangan mereka
dengan melihat :
a) bagaimana
semangat dan komitmen kebangsaan yang mereka miliki?
b) apakah
ada perbedaan perjuangan mereka dalam mengusir penjajah?
5. Langkah
yang kalian lakukan setelah menjawab pertanyaan no 4, kalian harus mengisi
tabel 3 untuk menjelaskan bentuk - bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang
ditunjukkan pendiri negara :
Tabel
3. Bentuk - bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang
ditunjukkan pendiri negara
No |
Pendiri
negara |
Bentuk
Semangat dan komitmen |
Sejarah
perjuangan |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
6. Setelah
memahami bentuk-bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang ditunjukkan
pendiri negara, amati dilingkungan sekitar kalian. Dan jelaskan contoh-contoh
perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari !
7. Setelah
pembelajaran kali ini, buatlah simpulan dengan menurut bahasa kalian !
D.
Sumber/Media/Alat
Sumber:
·
Buku Paket PPKn SMP Kelas VIII. 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·
internet, surat kabar, majalah,
televisi
Media:
- Perangkat keras (PC/Laptop/Smartphone/Tab/Headset)
- Perangkat
lunak (Aplikasi pembelajaran: Whatsapp, Zoom, Google Classroom, Media
Sosial: Youtube, IG, dll)
E. Bahan
Bacaan
1.
Semangat mengandung arti tekad dan dorongan hati
yang kuat untuk menggapai keinginan atau hasrat tertentu.
2.
Komitmen adalah sikap dan perilaku yang ditandai
oleh rasa memiliki, memberikan perhatian, serta melakukan usaha untuk
mewujudkan harapan dan cita-cita dengan sungguh-sungguh. Seseorang yang
memiliki komitmen terhadap bangsa adalah orang yang akan mendahulukan
kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
3.
Semangat kebangsaan dapat diartikan sebagai
suatu dorongan untuk mempertahankan suatu bangsa dan memberikan dampak positif
dalam perkembangan berbangsa dan bernegara. Semangat dan komitmen kebangsaan
dapat ditumbuhkan dengan memupuk nasionalisme dan patriotisme. Sikap
patriotisme bersumber dari perasaan cinta tanah air sehingga menimbulkan
kerelaan berkorban demi bangsa dan negaranya
4. Bentuk
Semangat dan komitmen Kebangsaan yang ditunjukkan para pendiri negara pada masa
:
a. Sebelum
pergerakan nasional
b. Pergerakan
nasional
c. Perjuangan
proklamasi
d. Mengisi
kemerdekaan
5.
Contoh perwujudan semangat dan komitmen kebangsaan
dalam kehidupan sehari-hari :
a. hidup rukun dan
saling menolong antarmanusia
b. menyelesaikan
permasalahan dengan jalan musyawarah mufakat
c. saling menghomati
meski berbeda SARA (Suku, Agama. RAS, dan Antar golongan
F.
Refleksi
Isilah penilaian diri ini dengan sejujur-jujurnya dan
sebenar-benarnya sesuai dengan perasaan kalian ketika mengerjakan suplemen bahan materi
ini!
1. Bubuhkanlah
tanda centang (√) pada salah satu gambar yang dapat mewakili perasaan kalian
setelah mempelajari materi ini!
2. Apa
yang sudah kalian
pelajari?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Apa yang kalian kuasai dari materi ini?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Bagian
apa yang belum kalian kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Apa
upaya kalian untuk menguasai yang belum kalian kuasai?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Sebutkan
hal yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan
alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Sebutkan
hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan!
Berikan alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G.
Cek Kemampuan
Untuk
mengukur pemahaman kalian, kerjakan latihan soal berikut.
1.
Jawaban:
2.
Adakah pengaruh semangat dan komitmen kebangsaan yang
ditunjukkan pendiri negara terhadap kehidupan sehari-hari ?
Jawaban:
3.
Jawaban:
4.
Bagaimana mewujudkan semangat dan komitmen kebangsaan yang
ditunjukkan pendiri negara pada kondisi saat ini ?
Jawaban:
.
H.
Umpan
Balik Guru
DAFTAR PUSTAKA
Buku Paket PPKn SMP Kelas VIII. 2018. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
http://www.dosenpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2019/07/Thomas-Matulessy-Pattimura
https://blog.elevenia.co.id/tokoh-tokoh-proklamasi-dan-perannya
https://soaltest.artiini.com/2016/09/peran-pelajar-dalam-mengisi-kemerdekaan.html
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/4-periode-semangat-dan-komitmen-kebangsaan-5810/